Saturday, December 30, 2017

Hukum Isbal Bagi Pria

Hukum Isbal Bagi Pria


Rasulullah bersabda :
�Apa yang ada di bawah kedua mata kaki berupa sarung (kain) maka tempatnya di neraka� (HR.Bukhori)


Dan beliau berkata lagi ;
�Allah Subhanahu wa Ta�ala tidak akan melihat orang yang menyeret sarungnya karena sombong�.


dan dalam sebuah riwayat yang berbunyi :
�Allah Subhanahu wa Ta�ala tidak akan melihat di hari kiamat kepada orang-orang yang menyeret pakaiannya karena sombong.� (HR. Malik, Bukhari, dan Muslim)


dan beliau juga bersabda :
� Ada 3 golongan yang tidak akan dilihat oleh Allah Subhanahu wa Ta�ala di hari kiamat, tidak dilihat dan tidak disucikan ( dari dosa) serta mendapatkan azab yang sangat pedih, yaitu pelaku Isbal (musbil), pengungkit pemberian dan orang yang menjual barang dagangannya dengan sumpah palsu.� (HR. Muslim, Ibn Majah, Tirmidzi, Nasa�i).


Musbil (pelaku Isbal) adalah seseorang yang menurunkan sarung atau celananya kemudian melewati kedua mata kakinya. Dan Al mannan yang tersebut pada hadist di atas adalah orang yang mengungkit apa yang telah ia berikan. Dan orang yang menjual barang dagangannya dengan sumpah palsu adalah seseorang yang dengan sumpah palsu ia mempromosikan dagangannya. Dia bersumpah bahwa barang yang ia beli itu dengan harga sekian atau dinamai dengan ini atau dia menjual dengan harga sekian padahal sebenarnya ia berdusta. Dia bertujuan untuk melariskan dagangannya.


Dalam sebuah hadist yang berbunyi :
�Ketika seseorang berjalan dengan memakai perhiasan yang membuat dirinya bangga dan bersikap angkuh dalam langkahnya, Allah Subhanahu wa Ta�ala akan melipatnya dengan bumi kemudian dia terbenam di dalamya hingga hari kiamat. (HR. Mutafaqqun �Alaihi)


Rasulullah bersabda :
� Isbal berlaku pada sarung, gamis, sorban. Siapa yang menurunkan sedikit saja karena sombong tidak akan dilihat Allah Subhanahu wa Ta�ala pada hari kiamat.� (HR Abu Dawud dengan sanad Shohih).


Hadist ini bersifat umum. Mencakup pakaian celana dan yang lainnya yang yang masih tergolong pakaian. Rasulallah Shallallahu �alaihi wassalam mengabarkan dengan sabdanya ;
� Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta�ala tidak menerima shalat seseorang yang melakukan Isbal.� (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shahih. Imam Nawawi mengatakan di dalam Riyadlush Sholihin dengan tahqiq Al Anauth hal: 358)


Melalui hadist-hadist Nabi yang mulia tadi menyatakan bahwa menurunkan pakaian di bawah kedua mata kaki dianggap sebagai suatu perkara yang haram dan salah satu dosa besar yang mendapatkan ancaman keras berupa neraka. Memendekkan pakaian hingga setengah betis lebih bersih dan lebih suci dari kotoran kotoran . Dan itu juga merupakan sifat yang lebih bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta�ala .
Oleh karena itu, wajib bagimu� wahai saudaraku muslimin�, untuk memendekkan pakaianmu diatas kedua mata kaki karena taat kepada Allah Subhanahu wa Ta�ala dan mengharapkan pahala-Nya dengan mentaati Rasullullah.


Dan juga kamu melakukannya karena takut akan hukuman Allah Subhanahu wa Ta�ala dan mengharapkan pahala-Nya. Agar engkau menjadi panutan yang baik bagi orang lain. Maka segeralah bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta�ala dengan melakkukan taubat nasuha (bersungguh-sungguh) dengan terus melaksanakan ketaatan kepada-Nya. Dan hendaknya engkau telah menyesal atas apa yang kau perbuat.


Hendaknya engkau sungguh-sungguh tidak untuk tidak mengulangi perbuatan maksiat kepada Allah Subhanahu wa Ta�ala dimasa mendatang, karena Allah Subhanahu wa Ta�ala menerima taubat orang yang mau bertaubat kepada-Nya, karena ia maha Penerima Taubat lagi maha Penyayang.


�Ya Allah Subhanahu wa Ta�ala, terimalah taubat kami, sungguhnya engkau maha Penerima Taubat lagi maha Penyayang.�


�Ya Allah Subhanahu wa Ta�ala berilah kami dan semua saudara saudara kami kaum muslimin bimbingan untuk menuju apa yang engkau ridloi, karena sesungguh-Nya engkau maha Kuasa terhadap segala sesuatu. Dan semoga shalawat serta salam tercurahkan kepada Muhammad, keluarganya dan sahabatnya.�



=================================================

Pertanyaan :
Apakah hukumnya memanjangkan pakaian jika dilakukan karena sombong atau karena tidak sombong. Dan apa hukum jika seseorang terpaksa melakukakannya, apakah karena paksaan keluarga atau karena dia kecil atau karena udah menjadi kebiasaan ?


Jawab :
Hukumnya haram sebagaimana sabda Nabi :
�Apa yang di bawah kedua mata kaki berupa sarung maka tempatnya di Neraka � (HR.Bukhari dalam sahihnya )


Imam Muslim meriwayatkan dalam shahih Abu Dzar ia berkata: Rasulullah bersabda: � Ada 3 golongan yang tidak akan dilihat oleh Allah Subhanahu wa Ta�ala di hari Kiamat, tidak dilihat dan tidak disucikan (dari dosa) serta mendapatkan azab yang sangat pedih, yaitu pelaku Isbal (musbil), pengungkit pemberian dan orang yang menjual barang dagangannya dengan sumpah palsu.� ( HR. Muslim, Ibn Majah, Tirmidzi, Nasa�i).


Kedua hadist ini semakna dengan mencakup musbil yang sombong atau karena sebab lain. Karena Rasulullah mengucapkan dengan bentuk umum tanpa mengkhususkan . Kalau ia melakukan karena sombong maka dosa yang ia lakukan akan lebih besar lagi dan ancamannya lebih keras, Rasulullah bersabda :�Allah Subhanahu wa Ta�ala tidak akan melihat orang yang menyeret sarungnya karena sombong�. (Muttafaq �alaihi)


Tidak boleh menganggap bahwa larangan melakukan Isbal itu hanya karena sombong saja, karena rasullullah tidak memberikan pengecualian hal itu dalam kedua hadist yang telah kita sebutkan tadi, sebagaiman juga beliau tidak memberikan pengecualian dalam hadist yang lain, Rasul bersabda : �Jauhilah olehmu Isbal, karena ia termasuk perbuaan yang sombong� (HR Abu Daud, Turmudzi dengan sanad yang shahih).


Beliau menjadikan semua perbuatan Isbal termasuk kesombongan karena secara umum perbuatan itu tidak dilakukan kecuali memang demikian. Siapa yang melakukannya tanpa diiringi rasa sombong maka perbuatannya bisa menjadi perantara menuju kesana. Dan perantara dihukumi sama dengan tujuan . dan semua perbuatan itu adalah perbuatan berlebihan lebihan dan mengancam terkena najis dan kotoran.


Oleh karena itu Umar Ibn Khatab melihat seorang pemuda berjalan dalam keadaan pakaiannya menyeret di tanah, ia berkata kepadanya : �Angkatlah pakaianmu, karena hal itu adalah sikap yang lebih taqwa kepada Rabbmu dan lebih suci bagi pakaianmu ( Riwayat Bukhari lihat juga dalam al Muntaqo min Akhbaril Musthafa 2/451 )


Adapun Ucapan Nabi kepada Abu Bakar As Shiddiq ketika ia berkata :
�Wahai Rasulullah, sarungku sering melorot (lepas ke bawah) kecuali aku benar- benar menjaganya. Maka beliau bersabda :�Engkau tidak termasuk golongan yang melakukan itu karena sombong.� (Muttafaq �alaih).


Yang dimaksudkan oleh oleh Rasulullah bahwa orang yang benar-benar menjaga pakaiannya bila melorot kemudian menaikkannya kembali tidak termasuk golongan orang yang menyeret pakaiannya karena sombong. Karena dia (yang benar-benar menjaga ) tidak melakukan Isbal. Tapi pakaian itu melorot (turun tanpa sengaja) kemudian dinaikkannya kembali dan menjaganya benar-benar. Tidak diragukan lagi ini adalah perbuatan yang dimaafkan.


Adapun orang yang menurunkannya dengan sengaja, apakah dalam bentuk celana atau sarung atau gamis, maka ini termasuk dalam golongan orang yang mendapat ancaman, bukan yang mendapatkan kemaafan ketika pakaiaannya turun. Karena hadits-hadits shahih yang melarang melakukan Isbal besifat umum dari segi teks, makna dan maksud.


Maka wajib bagi setiap muslim untuk berhati-hati terhadap Isbal. Dan hendaknya dia takut kepada Allah Subhanahu wa Ta�ala ketika melakukannya. Dan janganlah dia menurunkan pakaiannya di bawah mata kaki dengan mengamalkan hadits-hadits yang shahih ini. Dan hendaknya juga itu dilakukan karena takut kepada kemurkaan Alllah dan hukuman-Nya. Dan Allah Subhanahu wa Ta�ala adalah sebaik-baik pemberi taufiq.


(Fatwa Syaikh Abdul Aziz Ibn Abdullah Ibn Bazz dinukil dari Majalah Ad Da�wah hal 218).
Pertanyaan:
Bila seeorang melakukan Isbal pada pakaiannya tanpa diiringi rasa sombong dan angkuh, apakah itu juga diharamkan baginya? Dan apakah hukum Isbal itu juga berlaku pada lengan pakaian?


Jawab:
Isbal tidak boleh dilakukan secara mutlak berdasarkan sabda Rasulullah Shalallahu �alaihi wa sallam : �Apa yang berada di bawah mata kaki berupa sarung, maka itu tempatnya di neraka.� (HR Bukhari dalam shahihnya)


Dan juga karena sabda Rasulullah Shalallahu �alaihi wasallam dalam hadits yang diriwayatkan dari Jabir Ibn Sulaim: �Jauhilah Isbal olehmu, karena itu tergolong kesombongan.� (HR Abu Daud dan Turmudzi dengan sanad yang shahih)


Dan juga karena sabda Rasulullah Shalallahu �alaihi wasallam yang tsabit dari beliau:
�Ada tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah Subhanahu wa Ta�ala pada hari kiamat, tidak dilihat dan tidak disucikan dari dosa serta mereka akan mendapat aazab yang sangat pedih, yaitu pelaku Isbal, pengungkit pemberian dan orang yang menjual barang dagangannya dengan sumpah palsu.� (HR Muslim dalam shahihnya)


Tidak ada beda apakah dia melakukan karena sombang atau tidak. Itu berdasarkan keumuman banyak hadits. Dan juga karena secara keumuman itu dilakukan karena sombong dan angkuh, walau dia tidak bermaksud demikian. Perbuataannya adaalah perantara menuju kesombongan dan keangkuhan.


Dan dalam perbuatan itu juga ada mengandung unsur meniru wanita dan mempermudah pakaian dikenai kotoran dan najis. Serta perbuatan itu juga menunjukkan sikap berlebih-lebihan. Siapa yang melakukannya karena sombong, maka dosanya lebih besar. Berdasarkan sabda Rasulullah Shalallahu �alaihi wasallam : �Siapa yang menyeret pakaiannya karena sombong, Allah tidak akan melihatnya di hari kiamat.� (HR Bukhari dan Muslim)


Adapun sabda Nabi Shalallahu �alaihi wasallam kepada Abu Bakar Ash Shiddiq Radliyallah�anhu ketika dia mengatakan kepada beliau bahwaa sarungnya sering melorot kecuali kalau dia benar-benar menjaganya:
�Sesungguhnya engkau tidak termasuk orang yang melakukannya karena sombong.�(HR Bukhari dan Muslim)


Ini adalah bantahan bagi orang yang melakukannya, tapi berdalil dengan apa yang dilakukan Abu Bakar Ash Shiddiq. Bila dia memang benar-benar menjaganya dan tidak sengaja membiarkannya, itu tidak mengapa.


Adapun lengan baju, maka sunnahnya tidak melewati pergelangan


Dan Allah Subhanahu wa Ta�ala adalah sebaik-baik pemberi taufiq.


(Fatwa Syaikh Abdul Aziz Ibn Abdullah Ibn Bazz dinukil dari Majalah Ad Da�wah hal 220).


Pertanyaan:
Sebagian orang ada yang memendekkan pakaiannya (gamisnya) di atas kedua mata kaki, tapi celananya tetap panjang. Apa hukum hal itu?


Jawab:
Isbal adalah perbuatan haram dan mungkar, sama saja apakah hal itu terjadi pada gamis atau sarung. Dan Isbal adalah yang melewati kedua mata kaki berdasarkan sabda Rasulullah Shalallahu �alaihi wasallam
�Apa yang di bawah kedua mata kaki berupa sarung, maka tempatnya di neraka.� (HR Bukhari)


Dan beliau Shalallahu �alaihi wasallam juga bersabda: �Ada tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah Subhanahu wa Ta�ala pada hari kiamat, tidak dilihat dan tidak disucikan dari dosa serta mereka akan mendapat aazab yang sangat pedih, yaitu pelaku Isbal, pengungkit pemberian dan orang yang menjual barang dagangannya dengan sumpah palsu.� (HR Muslim dalam shahihnya)


Beliau juga bersabda kepaada sebagian para sahabatnya: �Jauhilah Isbal olehmu, karena itu termasuk kesombongan.� (HR Abu Daud dan Turmudzi dengan sanad yang shahih)


Hadits-hadits ini menunjukkan bahwa Isbal termasuk salah satu dosa besar, walau pelakunya mengira bahwa dia tidak bermaksud sombong ketika melakukannya, berdasarkan keumumannya. Adapun orang yang melakukannya karena sombong, maka dosanya lebih besar berdasarkan sabda Rasulullah Shalallahu �alaihi wasallam :
�Siapa yang menyeret pakaiannya karena sombong, Allah Subhanahu wa Ta�ala tidak akan melihatnya di hari kiamat.� (HR Bukhari dan Muslim)


Karena perbuatan itu menggabung antara Isbal dan kesombongan. Kita mengharap kepada Allah Subhanahu wa Ta�ala agar Dia memberi keampunan. Adapun ucapan Nabi Shalallaahu �alaihi wa sallam kepada Abu Bakr ketika dia berkata kepada Beliau:
� Wahai Rasulullah Shalallahu �alaihi wasallam, sarungku sering turun kecuali kalau aku benar-benar menjaganya.� Maka Nabi Shallallaahu �alaihi wa sallam berkata kepadanya:� Engkau tidak termasuk orang yang melakukan hal itu karena sombong.� (HR Bukhari dan Muslim)


Hadits ini tidak menunjukkan bahwa Isbal boleh dilakukan bagi orang yang tidak karena sombong. Tapi hadits ini menujukkan bahwa orang yang sarungnya atau celananya melorot tanpa maksud sombong kemudian dia benar-benar menjaganya dan membetulkannya tidak berdosa. Adapun menurunkan celana di bawah kedua mata kaki yang dilakukan sebagian orang adalah perbuatan yang dilarang. Dan yang sesusai dengan sunnah adalah hendaknya gamis atau yang sejenisnya, ujungnya berada antara setengah betis sampai mata kaki dengan mengamalkan semua hadits-hadits tadi.


Dan Allah Subhanahu wa Ta�ala adalah sebaik-baik pemberi taufiq


(Fatwa Syaikh Abdul Aziz Ibn Abdullah Ibn Bazz dinukil dari Majalah Ad Da�wah hal 221).

Pertanyaan :
Apakah menurunkan pakaian melewati kedua matakaki (Isbal) bila dilakukan tanpa sombong didanggap suatu yang haram atau tidak ?


Jawab :
Menurunkan pakaian di bawah kedua mata kaki bagi pria adalah perkara yang haram. Apakah itu karena sombong atau tidak. Akan tetapi jika dia melakukannya karena sombong maka dosanya lebih besar dan keras, berdasarkan hadist yang tsabi dari Abu Dzar dalam Shahih Muslim, bahwa Rasulullah bersabda :
�Ada tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah Subhanahu wa Ta�ala di hari kiamat, tidak dibersihkan dari dosa serta mereka akan mendapatkan azab yang pedih.�


Abu Dzarr berkata : �Alangkah rugi dan bangkrutnya mereka ya Rasulullah!


Beliau berkata: �(Mereka adalah pelaku Isbal, pengungkit pemberian dan orang yang menjual barangnya dengan sumpah palsu� ( HR Muslim dan Ashabus Sunan)


Hadis ini adalah hadist yang mutlak akan tetapi dirinci dengan hadist Ibnu umar, dari Nabi Shalallahu �alaihi wasallam, beliau bersada :
�Siapa yang menyeret pakaiannya karena sombong tidak akan dilihat oleh Allah Subhanahu wa ta�ala pada hari kiamat.�(HR Bukhari)


Kemutlakan pada hadist Abu Dzar dirinci oleh hadist Ibnu Umar, jika dia melakukan karena sombong Allah Subhanahu wa Ta�ala tidak akan melihatnya, membersihkannya dan dia akan mendapatkan azab sangat pedih. Hukuman ini lebih berat dari pada hukuman bagi orang yang tidak menurunkan pakaian tanpa sombong. Karena Nabi berkata tentang kelompok ini dengan:
�Apa yang berada dibawah kedua mata kaki berupa sarung maka tempatnya di neraka� (HR Bukhari dan Ahmad)


Ketika kedua hukuman ini berbeda, tidak bisa membawa makna yang mutlak kepada pengecualian, karena kaidah yang membolehkan untuk megecualikan yang mutlak adalah dengan syarat bila kedua nash sama dari segi hukum.


Adapun bila hukum berbeda maka tidak bisa salah satunya dikecualaikan dengan yang lain. Oleh karena ini ayat tayammum yang berbunyi :
�Maka sapulah wajah-wajah kalian dan tangan-tangan kalian dengan tanah itu.� (Al Maidah :6).


Tidak bisa kita kecualikan dengan ayat wudlu yang berbunyi :
�Maka basuhlah wajah wajah kalian dan tangan tangan kalian sampai siku. ( Al Maidah : 6).


Maka kita tidak boleh melakukan tayammum sampai kesiku. Itu diriwayatkan oleh Malik dan yang lainnya dari dari Abu Said Al Khudri bahwa Nabi bersabda :
�Sarung seseorang mukmin sampai setengah betisnya. Dan apa yang berada dibawah mata kaki, maka tempatnya di neraka. Dan siapa yang menyeret pakaiannya karena sombong maka Allah Subhanahu wa Ta�ala tidak akan melihatnya.�


Disini Nabi menyebutkan dua contoh dalam hukum kedua hal itu, karena memang hukum keduanya berbeda. Keduanya berbeda dalam perbuatan, maka juga berbeda dalam hukum. Dengan ini jelas kekeliruan dan yang mengecualikan sabda Rasulullah ;
�Apa yang dibawah mata kaki tempatnya dineraka.�


Dengan sabda beliau :
�Siapa yang menyeret pakaiannya karena sombong, tidak akan dilihat oleh Allah Subhanahu wa Ta�ala.�


Memang ada sebagian orang yang bila ditegur perbuatan Isbal yang dilakukannya, dia berkata: Saya tidak melakuakan hal ini karena sombong.


Maka kita katakan kepada orang ini : Isbal ada dua jenis, yaitu jenis hukumnnya ; adalah bila seseorang melakukannya karena sombong maka dia tidak akan diajak bicara oleh Allah Subhanahu wa Ta�ala dan mendapatkan siksa yang sangat pedih. berbeda dengan orang yang melakukan Isbal tidak karena sombong. orang ini akan mendapatkan adzab, tetapi ia masih di ajak bicara, dilihat dan dibersihkan dosanya. Demikian kita katakan kepadanya.


(diambil dari As�ilah Muhimmah Syaikh Muhammad Ibn Soleh Utsaimin)


visit link download